Tips Jitu Menghemat Biaya Pernikahan
Pernikahan sederhana Mark Zuckerberg

Pernikahan adalah hal sakral, sekali seumur hidup maka tidak jarang sebagian besar orang membuat acara yang mewah untuk merayakannya. Bahkan, bagi kalangan atas, menjadikan perayaan pernikahan ini sebagai ajang pamer kekayaan. Tidak pedul berapa banyak rupiah yang harus dikeluarkan untuk biaya pernikahan.

Memang tidak ada salahnya membuat perayaan pernikahan yang cukup meriah. Tapi yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana untuk mencukupi kebutuhan keluarga Anda setelah menikah. Bagi Anda yang memiliki banyak penghasilan tidak masalah, tapi jika pendapatan Anda masih pas-pasan akan lebih baik menghemat biaya pernikahan dan mengalokasikannya untuk biaya di masa mendatang. Berikut ini kami sajikan beberapa tips jitu untuk menghemat biaya pernikahan Anda.

Tips jitu menghemat biaya pernikahan
#1. Buatlah undangan yang sederhana

Acara pernikahan pasti tidak lepas dari yang namanya ‘kartu undangan’. Pembuatan undangan juga memiliki andil dalam pembengkakan biaya pernikahan. Tidak perlu membuat undangan yang mahal akan terkesan mewah. Sejatinya tujuan dari kartu undangan hanya untuk memberitahukan kepada orang-orang bahwa Anda akan menikah kapan dan dimana. Setelah itu undangan tidak akan diperlukan lagi. Jadi, undangan dengan harga mahal terkesan hanya membuang uang saja. Anda bisa mengakalinya dengan membuat desain undangan yang unik dan menarik, berbeda dari undangan biasanya. Dan pastikan biayanya tidak mahal.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan undangan Anda. Daripada membuang-buang uang untuk biaya undangan, Anda bisa men-scan undangan tersebut kemudian Anda sebarkan di media sosial dan tag akun teman-teman Anda yang aktif di media sosial. Lebih menghemat biaya pernikahan, bukan?

#2. Lebih baik sewa seragam daripada beli

Biasanya untuk acara pernikahan, pakaian keluarga dari kedua pasangan akan disamakan. Jika Anda juga mempunyai pemikiran yang sama, alangkah baiknya untuk menggunakan jasa sewa pakaian saja, daripada harus membuat pakaian sendiri. Ini bisa menghemat biaya pernikahan Anda hingga 80%.

#3. Memilih konsep pesta outdoor

Pemilihan konsep acara juga memiliki andil yang cukup besar terhadap biaya pernikahan yang akan Anda keluarkan. Jika ingin menghemat biaya, Anda harus membuat acara yang sesederhana mungkin. Ambil hal-hal yang memang Anda perlukan, jangan sampai hanya ingin membuat orang terkesan dan justru membuang uang.

Konsep sederhana dan murah bukan berarti tidak bisa membuat orang terkesan. Anda hanya memerlukan kreatifitas untuk membuat konsep pernikahan yang unik, menarik, namun biaya masih terkendali. Yang penting tidak mengurangi esensi dari acara pernikahan Anda.

Jika biasanya orang lebih memilih menikah di gedung yang pastinya harga sewanya mencapai jutaan rupiah, Anda bisa beralih ke konsep outdoor. Dengan menyewa lapangan atau lahan kosong kemudian ditambah dengan dekorasi sederhana, jatuhnya akan lebih murah dibandingkan menyewa gedung. Uangnya bisa Anda alokasikan untuk biaya catering, sewa baju, dan lainnya.

#4. Manfaatkan pertemanan Anda

Memiliki banyak teman ternyata juga akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya saat Anda akan menggelar pesta pernikahan. Beberapa teman baik biasanya akan menawarkan bantuan dalam mengurusi acara Anda tanpa mengenakan biaya apapun alias gratis. Kalaupun mengenakan biaya, biasanya akan lebih murah dibandingkan jika bukan teman.

Jadi Anda tidak perlu menyewa jasa Wedding Ogranizer (WO) untuk mengurusi pernikahan Anda. Minta bantuan kepada teman Anda untuk menjadi panitia pernikahan dengan tugas masing-masing. Misalnya ada seksi dokumentasi, dekorasi, melayani tamu, dan sebagainya.

#5. Mengundang orang-orang terdekat saja

Biaya pernikahan bisa Anda tekan dengan mengurangi jumlah tamu undangan. Ya, Anda bisa mengatasinya dengan mengundang orang-orang yang memang dekat dengan Anda saja, seperti keluarga, teman, dan rekan kerja. Sepeti yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg, walaupun termasuk orang terkaya di dunia tapi dia juga melangsungkan pernikahan dengan sederhana di belakang rumahnya dan hanya mengundang 100 orang saja.

Mengundang orang-orang terdekat juga membuat suasana menjadi lebih akrab dibandingkan dengan mengundang semua orang yang Anda kenal. Suasana hangat dan penuh rasa kekeluargaan akan lebih terasa dengan hadirnya orang-orang terdekat saja.

#6. Pemilihan souvenir yang sederhana, murah, tapi menarik

Saat ini antara souvenir dan undangan pernikahan adalah dua hal yang saling berkaitan. Souvenir seperti hal yang wajib ada saat Anda menggelar acara pernikahan. Jadi, Anda jangan sampai salah memilih souvenir yang akhirnya hanya menghabiskan uang Anda. Anda bisa memilih souvenir yang harganya murah tapi tetap menarik.

Seperti gantungan kunci, gelas, sarung kotak tissu, dan lainnya. Dengan tambahan desain yang unik bisa menjadikan barang yang kelihatannya sederhana tadi bisa terlihat lebih menarik. Biasanya jika Anda membeli dalam jumlah yang banyak akan mendapatkan harga yang lebih murah. Pililah souvenir yang bermanfaat dan harga terjangkau. Dengan cara ini Anda bisa menghemat biaya pernikahan Anda.

#7. Menggabungkan acara akad nikah dan resepsi dalam satu hari

Dengan menggabungkan acara akad nikah dan resepsi dalam satu hari bisa menghemat biaya pernikahan Anda. Karena untuk rias pengantin, sewa baju, sewa tempat, katering, semuanya dilaksanakan dalam satu hari saja.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan Setelah Menikah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.