Apakah saat ini Anda sedang mengalami patah hati dan mencari solusi untuk menyembuhkannya? Anda bukanlah satu-satunya orang yang pernah mengalaminya. Karena setiap orang yang merasakan jatuh cinta, pasti pernah mengalami sakit hati karena cinta. Sedih, kecewa, galau, marah, bahkan ada yang sampai membenci orang yang awalnya dicintai. Perasaan kalut yang membuat orang tertekan hingga mengalami depresi berat. Ya, bukan tidak mungkin seseorang mengalami gangguan jiwa hanya karena cinta.

Tips Menyembuhkan Patah HatiCinta adalah sesuatu yang rumit, bisa membolak-balikkan hati dan pikiran manusia. Cinta juga membuat candu bagi orang-orang yang pernah merasakannya. Meski ada ungkapan “lebih baik patah hati karena cinta daripada hidup hampa tanpa cinta”, tetap saja patah hati sangatlah menyakitkan bagi yang mengalaminya. Ada yang tidak mau makan, susah tidur, kerjaan berantakan, tidak peduli lagi dengan kesehatan, bahkan ada yang sampai bunuh diri hanya untuk terlepas dari rasa sakit hati yang mendalam. Mungkin ini terdengar berlebihan bagi Anda yang belum merasakannya, namun bagi seseorang yang sedang atau pernah mengalaminya pasti akan memaklumi.

Apabila saat ini Anda sedang patah hati, ingatlah masih banyak orang di sekitar Anda yang menyayangi Anda, ada keluarga dan sahabat yang setia mendukung Anda. Berikut ini ada beberapa tips dari kami, semoga dapat membantu Anda yang sedang mengalami patah hati.

Tips Menyembuhkan Patah Hati
#1. Mencoba berpikir dewasa

Semua masalah dan cobaan yang diberikan Tuhan kepada Anda adalah bentuk proses pembelajaran bagi Anda untuk menuju kedewasaan, termasuk dalam hal patah hati. Cobalah berpikir bahwa ini hanyalah ujian untuk Anda. Saat Tuhan memutuskan Anda dan dia harus berpisah, berarti Tuhan mempunyai rencana lain untuk Anda, Dia akan menggantikannya dengan orang yang lebih baik.

Ingatlah bahwa Tuhan tidak selalu memberikan apa yang kita inginkan, tapi Tuhan selalu memberikan apa yang kita butuhkan. Jadi, mungkin dia bukanlah seseorang yang Anda butuhkan. Tuhan lebih tahu apapun yang terbaik untuk makhluknya. Anda hanya perlu berserah diri kepadaNya dan bangkit untuk menjemput cinta yang bau.

#2. Menangislah

Tahukah Anda jika dengan menangis bisa menurunkan level depresi  dan meningkatkan mood kembali? Ya, hal ini dikarenakan air mata yang dihasilkan dari menangis akibat emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibandingkan dengan air mata yang disebabkan karena iritasi mata.

Jadi, jika saat ini Anda mengalami patah hati, sedih, kecewa, lebih baik menangislah. Tidak masalah jika Anda adalah seorang pria. Pria tetaplah seorang manusia biasa yang bisa sakit hati, bukan? Menangislah sehingga hati dan pikiranmu bisa menjadi lebih tenang.

Sebuah penelitian ahli biokimia yang bernama William Frey, mengungkapkan bahwa air mata karena emosi mengandung racun. Jika Anda menahan air mata saat bersedih sama halnya Anda menahan racun dalam tubuh Anda.

#3. Sibukkan dengan pekerjaan Anda

Hal yang paling menyesakkan tentang cinta adalah pikiran dan hati kita dengan mudah mengingatnya kapanpun dan dimanapun. Sehingga membuat kita sulit melupakan bayangnya meski sudah menorehkan luka di hati kita. Untuk itu, cobalah melakukan hal-hal yang Anda sukai, hal yang bisa membuat Anda lupa tentangnya. Salah satunya dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Memohon pertolongannya agar ditenangkan hati dan pikiran Anda.

#4. Cerita kepada orang terdekat Anda

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari bantuan manusia lain. Pada saat Anda sedang patah hati, Anda bisa mengandalkan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Ceritakan apa yang sedang Anda rasakan saat ini. Memang dengan bercerita belum tentu bisa menyelesaikan masalah Anda tapi setidaknya hati Anda akan sedikit lebih lega dan nyaman.

Ceritakan pada keluarga atau sahabat terdekat Anda. Mereka akan dengan senang hati mendengarkan keluh kesah Anda. Tidak jarang akan keluar nasihat-nasihat yang berguna untuk Anda. Memendam rasa sakit hati terlalu lama akan membuat seseorang menjadi depresi dan mengalami gangguan kejiwaan.

#5. Melawan rasa takut

Ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa seseorang mengalami trauma akan cinta akibat patah hati. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Agar rasa takut apalagi trauma ini terjadi pada Anda, cobalah berpikir bijaksana bahwa ini hanyalah cara Tuhan untuk mendewasakan Anda. Masih banyak di luar sana orang-orang yang mau menerima Anda dan bisa hidup bahagia bersama Anda.

#6. Curahkan perasaan dengan karya

Bagi Anda yang berjiwa seni atau memang hobi menulis, Anda bisa mencurahkan perasaan Anda dalam sebuah karya. Hal ini sering dilakukan oleh para pencipta lagu, penyanyi, ataupun seniman. Pada saat patah hati, justru mereka bisa membuat sebuah karya yang indah karena memag mereka membuatnya dengan sepenuh hati hingga orang lain pun dapat merasakannnya.

Daripada sibuk menyesali diri, sedih berkepanjangan, dan berujung bunuh diri, lebih baik alihkan dengan menciptakan sebuah karya. Dengan mencurahkan segala hal yang membuat sesak dada, maka hati Anda akan terasa lebih ringan. Anda bisa menulis cerita, membuat puisi, menciptakan lagu, melukis, atau apapun yang bisa membuat Anda lebih tenang.

Hal ini juga dilakukan oleh mantan Presiden RI, B.J. Habibie. Saat beliau kehilangan istrinya Bu Ainun, beliau merasa kacau dan untuk mengatasinya beliau memilih menuliskan semua yang dirasakan ke dalam sebuah buku. Jadilah buku Habibie dan Ainun yang kisahnya menginspirasi banyak orang.

#7. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Perlu Anda ketahui, segala sesuatu yang ada di dunia ini ada atas kehendak Tuhan. Termasuk rezeki, lahir, mati, dan jodoh. Saat ini memang Anda bisa memilih siapa orang yang Anda inginkan, tapi masa depan tetap keputusan dari Tuhan.

Dalam firman Allah surat An-Nur, ayat 26 berbunyi: “Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik”.

Semoga tujuh tips yang kami berikan dapat membantu Anda untuk menyembuhkan Anda yang saat ini sedang patah hati.