Ini Dia 7 Cara Mengatasi GalauGalau adalah sebuah istilah yang biasa dipakai anak muda saat ini untuk mengungkapkan perasaan yang sedang kacau karena cinta. Ada juga yang mengartikannya sebagai rasa ragu-ragu saat dihadapkan dalam sebuah pilihan yang sama-sama sulit. Meski istilah ini banyak digunakan anak muda, namun sebenarnya perasaan galau juga dialami oleh orang dewasa. Anda pasti pernah merasakan galau, bukan? Tidak mesti karena cinta, bisa jadi karena pekerjaan, atau tuntutan orang tua yang menginginkan Anda untuk segera menikah. Hal ini biasanya menjadi faktor pemicu orang dewasa merasa galau.

Nah, bagi Anda yang saat ini merasa galau, jangan khawatir. Disini kami akan menyampaikan sebuah artikel tentang cara mengatasi galau. Semoga cara mengatasi galau ini bisa mengobati rasa galau Anda. Berikut ini adalah 7 cara mengatasi galau karena cinta atau masalah lainnya.

7 cara mengatasi galau
#1.  Cari tahu penyebabnya

Saat Anda merasa kacau, pikiran terasa penat, galau, cara megatasi galau tersebut yang pertama adalah dengan mengetahui penyebabnya. Apa yang menjadikan pikiran Anda keruh, karena seseorang ataukah pekerjaan. Setiap perubahan suasan hati pastilah ada penyebabnya, biasanya karena masalah-masalah kecil yang terlalu Anda pikirkan sehingga membuat pikiran Anda menjadi terasa penuh. Saat Anda sudah mengetahui penyebab kegalauan Anda, maka Anda akan lebih mudah untuk mengendalikannya.

#2. Menenangkan diri

Cara mengatasi galau yang kedua yaitu dengan menenangkan diri. Saat kita melihat ada orang yang marah, hal yang kita lakukan adalah menyuruhnya tenang dan berpikir dingin. Hal ini juga berlaku untuk Anda. Saat Anda merasa hati dan pikiran Anda kacau, cobalah tenangkan diri Anda. Sejenak lupakan hal-hal yang membuat Anda merasa kacau. Bagi Anda yang beragama Islam, dianjurkan untuk beristighfar saat melepaskan nafas, bacalah “astagfirullah hal ‘aziim al-lazi laa ila ha illa huwal hayyul qayyum wa atuubu ilaik”.

#3. Alihkan dengan hobi Anda

Melakukan hal yang kita senangi (hobi) seringkali membuat kita lupa diri dengan kondisi kita saat ini. Untuk itu cara mengatasi galau salah satunya adalah dengan melakan apa yang Anda senangi. Misalkan Anda hobi renang, saat Anda merasa galau, alihkan pikiran Anda dengan renang sampai Anda merasa pikiran Anda segar kembali.

Atau bagi Anda yang suka memasak, Anda bisa mengalihkannya dengan mencoba berbagai resep baru. Meskipun cara ini tidak menyelesaikan masalah Anda, setidaknya Anda bisa kembali berpikir jernih dan mencari solusi dari permasalahan yang sedang Anda hadapi.

#4. Jangan terlalu berharap

Tahukah Anda, masalah timbul karena adanya kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan? Jika saat ini Anda merasa galau dan kacau, mungkin saja ada kejadian dalam hidup Anda yang tidak sesuai dengan haapan atau angan Anda. Oleh karena itu, cara mengatasi galau adalah dengan jangan berharap terlalu banyak kepada suatu hal atau seseorang.

Saat ini juga muncul istilah PHP alias pemberi harapan palsu. Padahal jika dianalisa lebih lanjut, tidak ada yang namanya PHP, yang ada hanyalah seseorang yang terlalu berharap akan seseorang. Memang tidak salah mempunyai harapan, justru harapan adalah hal yang membuat kita terus maju. Tapi, jika terlalu berlebihan, maka saat harapan tidak sesuai dengan kenyataan, Anda sendiri yang akan merasa kacau bahkan stres. Ingatlah lirik lagu dangdut yang satu ini, “yang sedang-sedang saja”.

#5. Hilangkan sikap pesimis dan rendah diri

Setiap manusia diciptakan oleh Allah dengan segala kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seringkali oang akan merasa minder hanya karena tidak cantik atau tampan, lahir dalam keluarga pas-pasan, fisik yang kurang lengkap, atau apapun itu. Jika Anda hanya berfokus pada kekurangan Anda, maka hidup Anda akan diliputi rasa galau yang berkelanjutan.

Cara mengatasi galau karena kekurangan ini adalah dengan menerima semua kekurangan Anda dan fokus pada kelebihan yang Anda miliki. Yakinlah bahwa setiap orang mempunyai kekurangan masing-masing, tidak ada manusia yang sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah semata.

#6. Berbaik sangka kepada Allah

Cara mengatasi galau yang selanjutnya adalah dengan berbaik sangka kepada setiap cobaan yang diberikan oleh Allah. Setiap manusia pasti mendapat cobaan dari Allah, dengan maksud untuk membuat manusia semakin kuat dan menjadikannya lebih baik dari yang kemarin. Cobaan juga ditujukan untuk menguji seberapa besar iman kita kepadaNya. Karena tidak jarang saat orang diberikan cobaan, dia akan menyalahkan takdir, berputus asa, bahkan sampai mengatakan bahwa Tuhan tidak adil. Ingatlah bahwa Allah senantiasa bersama kita.

#7. Menggunakan sarana batin

Bagi Anda yang mencari cara mengatasi galau karena masalah percintaan. Anda bisa menggunakan sarana batin, yaitu dengan sarana ilmu pelet semar mesem. Ini bukanlah ilmu pelet seperti yang dianggap tabu oleh masyarakat. Dinamakan ilmu pelet karena memang khasiatnya adalah untuk memikat hati seseorang, tapi bukan dengan jalan meminta bantuan kepada makhluk gaib dan membuat seseorang menjadi lupa diri. Untuk lebih lengkapnya, silakan klik disini.