Manfaat Menikah Menurut IslamPuncak dari sebuah hubungan dua orang yang saling jatuh cinta adalah pernikahan. Berjanji untuk selalu bersama sehidup semati, disaat senang maupun susah. Seseorang wanita masih perlu meragukan cinta pasangannya jika dia belum mengajaknya ke pelaminan. Menikah adalah bukti keseriusan seorang pria terhadap wanitanya.

Bagi Anda yang saat ini sudah memiliki pasangan dan sudah mampu, baik secara batin maupun lahir, segeralah untuk menikah, karena ada banyak manfaat menikah. Menikah adalah sunnah yang diagungkan oleh Allah.

“Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia ciptakan bagi kalian anak cucu keturunan, dan kepada kalian Dia berikan rezeki yang baik-baik.” (QS. An Nahl:72).

Manfaat Menikah
#1. Menyempurnakan separuh agama

Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 625)

Menikah akan menghindarkan Anda dari perbuatan zina, sekaligus sebagai penyempurna agama. Sumber utama kerusakan bagi manusia adalah perut dan kemaluan. Dengan menikah, setidaknya Anda sudah terhindar dari salah satu diantara dua hal tersebut. Manfaat meikah yaitu membentengi Anda dari godaan setan yang terkutuk. Seringkali manusia tidak bisa menahan hawa nafsunya, ditambah dengan rayuan dan bisikan setan.

Seperti yang disampaikan dalam surat An-Nur ayat 30: “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”

#2. Meningkatkan pendapatan

Hasil penelitian yang dilakukan oleh tim dari Virginia Commonwealth University, menunjukkan bahwa penghasilan seorang pria yang telah menikah rata-rata mengalami peningkatan sebesar 22% dibandingkan dengan saat masih lajang. Peningkatan tersebut diperkirakan berasal dari gabungan dengan gaji istri atau sumber pendapatn lainnya.

Hal ini sesuai dengan firman Allah berikut ini:

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendiri ( bujangan ) di antara kalian dan orang-orang shaleh diantara para hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka dalam keadaan miskin, Allah-lah yang akan menjadikan kaya dengan karunia-Nya (QS. An-Nur: 32)

#3. Membuat perasaan lebih tenang

Manfaat menikah yang selanjutnya yaitu menikah membuat perasaan lebih tenang. Allah menciptakan manusia dengan memberinya 3 naluri, salah satunya yaitu naluri untuk melanjutkan keturunan. Hal ini diwujudkan dalam bentuk perasaan suka, tertarik kepada lawan jenis, yang biasa kita sebut dengan jatuh cinta. Naluri dalam diri manusia ini menuntut untu dipuaskan.

Dalam hal ini, islam sudah mengaturnya, yaitu dengan jalan pernikahan. Naluri melanjutkan keturunan dengan menikah akan membawa ketentraman pada diri seseorang, dibandingkan dengan jalan zina. Mengapa? Karena menikah adalah jalan yang diridhai oleh Allah. Sehingga semuanya akan terasa damai, hati menjadi teduh, dan jiwa menjadi lebih tentram.

#4. Menjaga kehormatan diri

Menjaga kehormatan diri merupakan salah satu manfaat menikah. Manusia memiliki hawa nafsu yang terkadang mampu mengalahkan akal sehat. Maka tidak jarang terjadi seks bebas yang dilakukan oleh anak-anak muda. Hal ini tentunya bukanlah perbuatan yang terpuji dan jelas menyimpang dari norma sosial maupun norma agama. Akibatnya banyak yang hamil di luar nikah, aborsi, dan segala macam hal yang membuat hati miris.

Oleh karena itu, Allah memerintahkan kepada hambaNya untuk menikah agar terjaga kehormatannya. Seperti sabda Rasulullah SAW dalam hadits berikut ini: Wahai generasi muda, barangsiapa diantara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barang siapa belum mampu hendaknya berpuasa sebab ia dapat mengendalikanmu.(HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud).

#5. Mendapatkan keturunan

Manfaat menikah yang akan Anda dapatkan yaitu mendapatkan keturunan. Anda pasti pernah mendengar hadits yang mengatakan bahwa saat manusia meninggal, maka akan putus semua amalnya kecuali tiga perkara, salah satunya yaitu anak yang sholeh.

Jika anak adam meninggal maka putuslah amalnya kecuali tiga hal, di antaranya anak soleh yang selalu mendo’akannya”. (Muttafaq ‘alaih)

Selain itu, anak-anak yang meninggal sebelum mencapai usia baligh maka bisa menjadi syafaat bagi orang tuanya. Seperti yang disampaikan dalam hadits berikut ini:

Dari Abi Hurairah Ra:Rasulullah SAW bersabda, “Jika hari kiamat tiba tatkala orang-orang sedang dihisab, maka berkumpullah anak-anak yang meninggal sebelum baligh maka dikatakanlah kepada mereka, masuklah kalian ke dalam surga maka mereka mengatakan kami tidak akan masuk surga sehingga orang tua kami juga masuk surga, maka dikatakan kepada mereka, masuklah kalian beserta orang tua kalian ke dalam surga.” (Ihya’ Ulumuddin)

Nah, bagi Anda yang saat ini sudah merasa cukup umur dan mampu secara lahir dan baik, maka segera menikah untuk mendapatkan manfaat menikah. Memang benar jodoh ada di tangan Tuhan, tapi jika kita tidak segera memperbaiki diri dan menjemput jodoh tersebut, bagaimana kita bisa mendapatkannya?

Manfaat menikah dalam islam begitu banyak, hingga bagi Anda yang masih saja menunda hanya akan merugi. Jangan hanya berusaha secara lahir saja, melainkan juga melakukan usaha batin. Jika dia tidak bisa kita dekati, maka solusinya yaitu dengan mendekati penciptaNya, yang tidak lain adalah Allah SWT. Dengan menjalani perintahNya dan menjauhi laranganNya. Seperti melaksanakan ibadah sholat wajib dan sunnah, puasa sunnah, dan menggunakan sarana batin.